‘’Analisis Biaya Relevan’’
Pengertian
Biaya relevan
adalah data biaya yang di harapkan di masa akan datang yang berbeda dalam
beberapa alternative keputusan atau Biaya relevan merupakan biaya yang terkait
dengan keputusan operasional. Misalnya, perusahaan yang memproduksi komponen
produk seperti kancing yang menggunakan mesin dan peralatan produksi khusus
maka Biaya Overhead Pabrik (BOP) tetap akan menjadi beban untuk perusahaan baik
perusahaan membeli atau membuat sendiri komponen tersebut. Dalam hal ini BOP
tetap tersebut tidak relevan untuk dipertimbangkan dalam keputusan.Yang
termasuk biaya relevan adalah biaya bahan baku, Tenaga Kerja Langsung (TKL) dan
BOP variabel. Dalam pengambilan keputusan membeli atau membuat sendiri komponen
produk dan keputusan menerima atau menolak order, perusahaan harus
mempertimbangkan biaya relevan dan bukan total biaya.
Konsep
Biaya untuk pembuatan Keputusan
Empat
istilah biaya, Istilah-istilah yang dimaksud adalah biaya diferensial (differential
cost), Incremental cosf; opportunity cost dan sunk cost.
Biaya
terhindarkan (avoidable cost) adalah biaya yang dapat dihilangkan baik
seluruhnya ataupun sebagian dengan memilih salah satu dari alternatif yang
ter-sedia. Dengan memilih alternatif pergi ke bioskop, biaya sewa videotape
dapat dihindari. Dengan memilih alternatif menyewa videotape, biaya menonton
film di bioskop dapat dihindari. Oleh karena itu, biaya menonton di bioskop dan
menyewa videotape dapat dihindari. Sebaliknya, biaya sewa apartemen tidak dapat
dihindari di antara kedua alternatif tersebut. Anda akap tetap menyewa
apartemen, apapun pilihan Anda atas kedua alternatif tersebut. Biaya
terhindarkan (avoidable cost) adalah biaya relevan. Biaya tidak terhindarkan
(unavoidable cost) adalah biaya tidak relevan. Ada dua kategori biaya
yang tidak pernah relevan dalam pembuatan keputusan. Biaya tidak relevan
tersebut adalah:
1.
Sunk cost
2.
Future cost yang tidak berbeda di antara berbagai
alternatif.
Sunk
cost Bukan Biaya Relevan
Sunk cost adalah biaya yang telah terjadi dan tidak dapat
dihindari dari apapun keputusan yang dibuat oleh rnanajer. Sunk cost akan
selalu sama, tidak memiliki pengaruh terhadap berbagai alternatif yang
dipertimbangkan, biaya tersebut selalu tidak relevan dan sebaiknya diabaikan.
Sebaliknya, future cost yang berbeda di antara berbagai alternatif yang
tersedia adalah biaya relavan.
Salah
satu pelajaran konseptual yang sulit bagi para manajer adalah sunk cost tidak
pernah relevan dalam pembuatan keputusan. Godaan untuk memasukkan sunk cost dalam
analisis terutama dalam analisis nilai buku peralatan tua yang dimiliki oleh perusahaan. Kita akan memfokuskan pada nilai
buku peralatan tua. Kita akan melihat bahwa tanpa memperhatikan segala sesuatu
yang berkaitan dengan sunk cost, kesimpulannya sama saja--sunk cost tidak
dapat dihindari, dan oleh karenanya dapat diabaikan dalam pembuatan keputusan.
Unitized fixed costs (Biaya tetap disatukan)
Untuk biaya-produk tujuan, biaya tetap sering dibagi dengan beberapa ukuran aktivitas dan ditugaskan untuk unit individu hasil product.The adalah untuk membuat biaya tetap muncul variabel. Meskipun ada alasan yang sah untuk praktek ini, dari produk-biaya perspektif, dapat menciptakan kekacauan dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, dalam analisis keputusan, biasanya bijaksana untuk memasukkan biaya tetap dalam jumlah total, bukan sebagai biaya per unit. Pesan moral: Waspadalah terhadap biaya tetap unitized dalam pengambilan keputusan
Allocated fixed costs (Biaya tetap Dialokasikan)
Hal serupa juga terjadi untuk mengalokasikan biaya tetap di seluruh divisi, departemen, atau lini produk. Sebuah hasil yang mungkin adalah bahwa produk atau departemen mungkin muncul tidak menguntungkan ketika pada kenyataannya itu tidak membuat kontribusi terhadap meliputi biaya tetap dan keuntungan. Sebelum memutuskan untuk menghilangkan departemen, pastikan untuk bertanya mana biaya akan dihindari jika alternatif tertentu dipilih. Sebuah biaya tetap yang telah dialokasikan untuk departemen dapat terus, secara total atau sebagian bahkan setelah departemen telah dieliminasi.
Pesan moral: Waspadalah terhadap biaya tetap dialokasikan; mengidentifikasi biaya dihindari
Opportunity costs (
biaya peluang)
Orang-orang cenderung mengabaikan biaya kesempatan, atau untuk mengobati biaya seperti kurang penting dibandingkan biaya out-of-saku. Namun biaya kesempatan hanya sebagai nyata dan penting untuk membuat keputusan yang tepat seperti biaya out-of-saku.
Pesan moral: membayar perhatian khusus untuk mengidentifikasi dan termasuk biaya kesempatan dalam analisis keputusan
penerapan
biaya relevan pada berbagai kondisi
1.
Penetapan Harga
Analisis biaya relevan digunakan
dalam pengambilan keputusan jangka pendek untuk menetapkan harga jual untuk
suatu pesanan tambahan diluar produksi yang normal. Suatu pesanan tambahan akan
diterima jika harga jualnya dapat menutup biaya variabel sehingga memberikan
marjin kontribusi (harga jual dikurangi biaya variabel) yang positif.
2.
Membuat atau membeli
Keputusan untuk membuat atau membeli mencakup
pembandingan antara dua alternative yaitu membuat sendiri dalam pabriknya atau
membeli dari supplier luar. Biaya relevan dengan keputusan membeli adalah harga
beli per unit, sedangkan biaya relevan dengan keputusan membuat sendiri
meliputi biaya produksi variabel, biaya tetap yang dapat dihindarkan, dan biaya
peluang.
Agar
produk jadi sampai di tangan konsumen, ada beberapa langkah yang harus
dijalani.
·
Pertama, bahan baku diperoleh baik
melalui penambangan, pengeboran, menanam atau memelihara hewan dan sebagainya.
·
Kedua, bahan baku ini harus diproses
untuk dibersihkan dan disiapkan agar menjadi bahan yang berguna dan sesuai
dengan kebutuhan.
·
Ketiga, bahan-bahan tersebut harus
melalui proses pabrikasi pendahuluan sebelum digunakan sebagai bagian dari
barang jadi.
·
Keempat, proses manufaktur aktual
produkjadi dilakukan.
·
Akhirnya, barang jadi didistribusikan
kepada konsumen akhir. Seluruh tahapan ini disebut value chain (rantai
nilai).
3.
Bauran
produk
Analisis
biaya relevan bermanfaat dalam menetapkan kombinasi yang optimal beberapa
produk yang harus diproduksi dan dijual dalam suatu bauran produk untuk
mencapai laba yang maksimum dengan mempertimbangkan keterbatasan yang ada
a.
Menjual
atau memproses lebih lanjut
Keputusan
untuk menjual atau memproses lebih lanjut mencakup pembandingan dua alternative
yaitu menjual produk tanpa biaya pemrosesan tambahan atau menjual produk
setelah terjadi biaya pemrosesan tambahan. Tentu saja keputusan akan jatuh pada
alternative yang memberikan keuntungan lebih besar. Faktor penting yang perlu
diperhatikan untuk tipe keputusan seperti ini adalah biaya tertanam (sunk cost)
selalu merupakan biaya yang tidak relevan
4.
Keputusan Lini Produk
Keputusan lini produk berhubungan
dengan kemungkinan untuk menarik satu atau lebih produk dari lini produk
perusahaan. Dua faktor yang mesti dipertimbangkan dengan cermat adalah faktor
kuantitatif dan kualitatif. Faktor kuantitatif menyangkut pengurangan dan
penghematan biaya harus melebihi hilangnya pendapatan karena ditariknya produk
yang bersangkutan. Faktor kualitati menyangkut pengaruhnya terhadap konsumen
dan produk lain yang dipertahankan dalam lini produk
5.
Ekspansi / Kontraksi Operasi
Keputusan
untuk memperluas kapasitas operasi menggunakan analisis biaya relevan berkaitan
dengan perhitungan biaya yang akan timbul karena ekspansi operasi, untuk
diperhitungkan dengan pendapatan yang diperoleh dari ekspansi tersebut. Jika pendapatan tambahan dari
ekspansi operasi melebihi biaya relevan dengan ekspansi
6. Pesanan Khusus
Manajer selalu mengevaluasi apakah
pesanan khusus dapat diterima dan apabila diterima berapakah harga yang akan
ditetapkan untuk pesanan khusus ter-sebut. Pesanan khusus adalah pesanan pada
waktu tertentu yang bukan merupa-kan hasil dari kegiatan normal perusahaan.
7. Penggunaan
Sumber Daya yang Terbatas
Manajer
terus-menerus dihadapkan pada masalah bagaimana sumber daya yang terbatas
digunakan. Sebagai contoh, sebuah toko memiliki keterbatasan ruang sehingga
tidak dapat menumpuk semua produk yang ada. Perusahaan manufaktur memiliki
keterbatasan jumlah jam mesin dan jumlah tenaga kerja langsung. Pada saat
keterbatasan sumber daya tersebut membatasi kemampuan perusahaan untuk
memuaskan kebutuhannya, perusahaan dapat mengatakan bahwa mereka meng-hadapi
kendala. Karena sumber daya terbatas, perusahaan tidak dapat memenuhi seluruh
ambisinya, sehingga manajer harus memutuskan bagaimana sumber daya yang
terbatas tersebut digunakan. Biaya tetap selalu tidak terpengaruh oleh pilhan
yang dibuat oleh manajer sehingga manajer harus memilih tindakan yang akan
memaksimumkan total margin kontribusi.
DAFTAR PUSTAKA
Mercubuana. “analisis biaya relevan dalam
pengambilan keputusan”.
file:///C:/Users/ACER/Documents/Biaya%20Relevan%20Untuk%20Pengambilan%20Keputusan%20_%20Business%20&%20Accounting.htm






Golden Nugget Hotel & Casino - Mapyro
BalasHapusGolden Nugget Hotel & Casino. 동해 출장마사지 Golden Nugget - Casino Information, Address, 군산 출장안마 Phone Number, 김제 출장마사지 Reviews, Games, Slots, 김천 출장마사지 Poker 서산 출장샵 and Texas Hold'em.